Pengertian Dunia Maya
A.
PENGERTIAN DUNIA MAYA
Dunia
maya atau yang sering disebut dengan media maya atau internet adalah salah satu
media
atau
dunia firtual yang sengaja dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia atau
interaksi
antara
satu orang dengan orang lainnya yang berada di tempat yang berbeda.
Dengan
tingkat
kebutuhan
yang beragam sehingga internet lebih cenderung disebut dengan dunia maya atau
cyber world.
Dunia
maya adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk
keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung
langsung). Dunia maya ini merupakan integrasi dari berbagai peralatan teknologi
komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi,
prosesor, signal, kontroler) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi
(komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) yang
tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif.
Adapun
beberapa fungsinya yaitu :
1.
Menghubungkan orang dengan computer
Contohnya
: remote connections untuk pengecekan terhadap sekia n banyak servers yang
tersebar
di beberapa tempat.
2.
Menghubungkan komputer dengan computer
Contohnya
: remote connections terhadap setiap PC yang terhubung dengan jaringan LAN
di
network tertentu.
3.
Menghubungkan orang dengan bank
Contohnya
: internet banking.
4.
Menghubungkan orang dengan orang
Contohnya
: e-mail, fax through internet (internet fax).
5.
Menghubungkan orang dengan insta nsi tertentu
6.
Menghubungkan orang dengan professiona l bida ng tertentu.
NETIKET
Ber-e-mail
======
Netiket
atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui e-mail. Seperti
halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan
e-mail membutuhkan tatacara tersendiri.
Ada
kalanya memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang
pengirimnya menggunakan huruf kapital seluruhnya, mengirim kembali seutuhnya
pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan
ucapan, "saya kira begitu", atau "betul."
Nah,
untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa di
antaranya:
1.
Hindari mengirim surel (surat elektronik) yang bersifat spam, surat berantai,
atau promosi MLM.
2.
Hargailah privasi orang lain.
Jangan
mengirimkan e-mail yang belum pasti benar ke mailinglist. Ingat, e-mail Anda
akan dibaca oleh banyak orang dan bukan tidak mungkin akan di-forward lagi ke
e-mail/mailinglist lain.
3.
Hargai hak cipta/karya intelektual orang lain.
Kalau
mengutip sesuatu, cantumkanlah sumbernya.
4.
Hindari menggunakan kata-kata vulgar (misalnya bagian tubuh tertentu manusia)
karena tidak sopan.
5.
Hapus bagian yang tidak perlu saat membalas e-mail.
Fasilitas
Reply dari sebagian besar program e-mail biasanya akan mengutip pesan
asli
yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip
pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang
tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja. Pesan yang
terlalu panjang memakan file yang besar, yang mengakibatkan banyaknya bandwidth
terpakai untuk mengirimnya. Akibatnya, proses pengambilan e-mail tersebut akan
menjadi lambat dan lama sehingga berpengaruh terhadap biaya yang harus
dikeluarkan (khususnya untuk yang menggunakan koneksi dialup atau koneksi 3G
berbasis volume).
6.
Bila sama sekali tidak berhubungan atau tidak ditujukan kepada anggota milis
yang lain, silahkan kirim e-mail langsung ke alamat yang Anda tuju lewat japri
(jalur pribadi).
7.
Hindari mengirim e-mail yang hanya berisi satu baris saja (one-liner).
One-liner
= menanggapi/reply posting sebelumnya hanya sebaris dua, sama sekali tidak
menambah nilai/isi dari yang ditanggapi). Hindari mengirim e-mail dengan
sepatah dua patah kata saja semacam ini.
8.
Bila harus mem-forward sebuah e-mail ke milis, harap lakukan penyuntingan/
perbaikan seperlunya. Misalnya dengan mengurangi banyaknya tanda > . Jangan
lupa periksa dulu, apakah e-mail semacam itu sudah pernah dikirim sebelumnya ke
milis.
9.
Hindari memancing debat kusir atau flame war yang tidak berguna, dan jangan
sampai terpancing dengan upaya-upaya untuk menghidupkan flame war. Misalnya ada
posting "Yang suka nonton film itu bodoh", harap jangan dibalas
dengan "Yang tidak suka lebih bodoh". Ini tidak akan mendatangkan
faedah apa-apa.
Jika
ada posting yang menyinggung/ memancing debat kusir, jangan hiraukan.
Sebaliknya coba hubungi langsung pengirimnya, untuk mencegah penuhnya milis
oleh percekcokan.
10.
Saat menulis e-mail, gunakan subyek e-mail yang mencerminkan isi.
Beberapa
orang umumnya menyeleksi e-mail yang akan dibaca berdasarkan subyek. Yang tidak
menarik langsung dihapus. Jadi kalo kebetulan Anda membuat subyek e-mail secara
asal-asalan, (misalnya "nanya" atau "tolong dong"), jangan
marah jika tidak ada yang menanggapi.
11.
Hindari mengirim tes posting.
Mengirim
e-mail yang hanya berisi kalimat "sorry ngetes" itu sangat tidak
sopan dan menghabiskan bandwidth yang mahal. Jika akan melakukan pengujian/tes
pengiriman e-mail, setidaknya kirimkan sesuatu yang memiliki nilai informatif
(bertanya sesuatu atau menjawab pertanyaan atau berbagi tips).
12.
Perlakukan e-mail secara pribadi.
Jika
seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda
tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau
mailing-list. E-mail pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
13.
Hindari menggunakan huruf kapital untuk seluruh isi e-mail.
Dalam
tata krama berkomunikasi dengan e-mail/chat, penggunaan huruf besar untuk
seluruh kata dalam e-mail biasanya dianggap berteriak. Karena itu hindari
penggunaan huruf kapital untuk semua kata dalam e-mail Anda.
14.
Hindari membicarakan orang lain dalam milis.
Hindari
membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-kejelakan nya dalam
milis.
15.
Hindari menggunakan tembusan/cc (carbon copy).
Jika
Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya ke mailing-list) , hindari
mencantumkan alamat-alamat pada kolom cc. Jika Anda melakukan hal itu, semua
orang yang menerima e-mail Anda akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang
lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mail-nya dibeberkan di depan umum.
Selalu gunakan tembusan buta/BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap
orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
16.
Jika Anda ingin mencantumkan informasi kontak (berupa alamat surat atau telepon
atau situs Web), usahakan agar informasi tersebut dibuat singkat.
17.
Tanggapi setiap posting milis secara obyektif dan rasional, Percayalah: membaca
dan menulis email sambil tersenyum biasanya menghasilkan e-mail yang lebih baik
daripada dalam keadaan emosi.
Mailing
List (milis) Silaban Brotherhood
adalah wadah komunikasi virtual antar anggota Silaban Brotherhood, dengan
menggunakan sarana e-mail. Milis ini diikuti oleh banyak anggota. Jika ada
sebuah e-mail yang dikirimkan ke email silaban[-at-]yahoogroups[-dot-]net,
maka otomatis seluruh member milis akan menerima e-mail tersebut. Dengan milis
ini, seluruh anggota dapat ikut berkomunikasi secara aktif dan interaktif
dengan seluruh anggota.
Netiket adalah etika umum yang berlaku bagi
para netter (pengguna Internet). Anggota Silaban Brotherhood perlu memahami
netiket, sebab sebisa mungkin kita harus berusaha untuk berkomunikasi dengan
baik dan tidak menghadirkan sampah ke Internet. Berikut netiket keanggotaan
mailing list Silaban Brotherhood :
A. Dalam
Mengirim Email (Posting)
- Belajaralah menulis karangan asli, karena itu lebih dihargai.
- Buatlah judul email (subject) mencerminkan isi. Beberapa orang umumnya menyeleksi email yang akan dibaca berdasarkan subject, yang tidak menarik langsung dihapus. Jadi kalo kebetulan anda membuat subject asal-asalan misalnya “nanya” atau “tolong dong”, jangan ngambek kalo nggak ada yang menanggapi.
- Hargailah privasi orang lain. Jangan posting email yang tidak jelas kebenarannya ke milis. Ingat, email anda akan dibaca oleh banyak orang, dan bukan tidak mungkin di forward lagi ke email/milis lain.
- Hargai hak cipta intelektual orang lain. Kalau mengutip sesuatu, cantumkanlah sumbernya.
- Jangan menggunakan kata-kata jorok atau vulgar (contoh bagian tubuh manusia tertentu).
- Jangan membuat tulisan yang menyinggung SARA apalagi yang bersifat menghasut atau provokasi kecuali tulisan tentang ha-batak-on dan untuk tujuan pendidikan (educational / studi perbandingan).
- Dilarang Keras posting email yang bersifat Spam (dikirim berulang kali), surat berantai atau surat promosi MLM.
- Dilarang Keras posting lampiran (attachment) yang berisi virus, worm, trojan dan sejenisnya. Adalah sesuatu yang bijak jika anda men-scan lampiran tersebut dengan Anti Virus terbaru sebelum dilampirkan.
- Posting email yang bersifat memberikan informasi tentang usaha / dagangan / profesi / diri (dalam rangka mencari kerja) SENDIRI diperbolehkan sepanjang itu tidak bersifat “Spam” (dikirim berulang kali) dan tidak berformat iklan. Artinya informasikanlah dengan kata-kata anda sendiri.
- Karena alamat email belum tentu
mencerminkan siapa pengirim email tersebut, maka cantumkanlah nama
dibagian bawah surat ditambah dengan kode tarombo dan domisili agar
pembaca tidak sungkan dalam membalas dan menyapa anda.
Format :
Pardomuan Silaban –> Nama pengirim
[DB-16/Jkt] –> Keturunan Datu Bira No 16 berdomisili di Jakarta
Referensi :
DM = Datu Mangambe
DB = Datu Bira
DG = Datu Guluan
Catatan :
Untuk nama domisili disingkat 3 Huruf (Jakarta=Jkt, Bandung=Bdg, Medan=Mdn, Surabaya=Sby, Yogyakarta=Yog)
Untuk nama domisili yang tidak lazim disingkat 3 huruf (tidak umum) dipersilahkan mencantumkan domisili secara lengkap.
B. Dalam
Menjawab-Membalas (Reply) / Meneruskan (Forward) Email
- Potonglah surat asli yang tidak perlu apalagi iklan-iklan yang terdapat dibawah surat. Sertakan yang penting saja sebagai referensi. Sangat berdosa bila seluruh isi surat sebelumnya disertakan, sedangkan jawaban tidak berhubungan dengan isi sebelumnya.
- Jika email tidak berhubungan atau tidak ditujukan kepada anggota milis yang lain, silahkan kirim kepada alamat yang anda tuju secara langsung (jalur pribadi / japri).
- “One-Liner” adalah perbuatan tercela. (one-liner = menjawab/reply posting sebelumnya hanya sebaris dua, dan sama sekali tidak menambah nilai/isi dari yang di-reply).
- Bila harus mem-forward tulisan harap diedit yang baik. Biasanya tanda ‘lebih besar >’ harus diperhatikan, jangan terlalu banyak supaya enak dibaca. Makin banyak tanda lebih besar, berarti forward-an yang kesekian. Dan coba dipikir dulu sebelum dikirim: ada kemungkinan di milis ini sudah pernah di-forward. Kalau iya akan menjadi tidak lucu!
- Jangan memancing flame war yang tidak berguna, dan jangan terpancing dengan umpan flame. Misalnya ada posting “Yang suka nonton film itu bodoh” jangan dibalas dengan “Yang tidak suka lebih bodoh”, tidak ada gunanya! Kalo ada posting yang menyinggung/memancing, hiraukan saja atau hubungi langsung orangnya, tidak usah mengotori milis dengan percekcokan anda, we don’t wanna know and we don’t care.
- Dianjurkan untuk mengubah judul email (subject) seperlunya jika email jawaban/reply sudah melenceng atau tidak berhubungan dengan email sebelumnya.
C. Lain -
lain
- Kalo ada Spam/Junk mail, jangan hiraukan, tidak usah protes di milis, karena tidak ada yang bisa apa-apa kecuali admin (owner & moderator). Tidak perlu memberitahu admin karena admin memonitor milis dan spam biasanya langsung ditindak keras secara langsung oleh admin milis (tidak lewat milis) dan admin akan selalu berusaha meminimalisasi kemungkinan Spam/Junk Mail sebisa mungkin.
- Milis bukan tempat Test Posting. Mengirim email yang cuma berisi “sorry ngetes” itu sangat tidak sopan dan buang-buang bandwidth internet yang makin mahal. Kalo mau ngetes, minimal kirimkan sesuatu yang punya nilai informatif (bertanya sesuatu atau menjawab pertanyaan atau berbagi tips).
- Hindari crossposting (mengirim ke beberapa milis sekaligus). Bukannya dilarang, tapi ya dikira-kira sendiri. Milis dipisah- pisahkan menurut topik itu ada tujuannya. Kalo semua orang crossposting, ya untuk apa milis banyak-banyak?
D.
Pelanggaran
- Jika terjadi pelanggaran terhadap netiket ini akan disampaikan teguran tertulis melalui milis oleh admin (owner / moderator). Kenapa melalui milis, karena akan memberikan suatu contoh / petunjuk secara umum sehingga diharapkan menjadi proses pembelajaran bagi anggota milis yang lain agar tidak melakukan pelanggaran yang sama.
- Jika pelanggaran yang sama masih terulang / diulangi maka akan disampaikan teguran kedua melalui milis.
- Jika masih melakukan pelanggaran yang sama maka akan disampaikan teguran ketiga sebagai teguran terakhir baik melalui milis dan japri serta dimasukkan kedalam buku catatan pelanggaran.
- Untuk pelanggaran berikutnya tiada ampun. Member tersebut akan di banned atau di keluarkan (remove) dari keanggotaan. Tergantung skala pelanggaran yang dilakukan.
BEBERAPA
KASUS CYBER CRIME
- Pencurian dan penggunaan account Internet milik orang lain.
Salah satu kesulitan dari sebuah ISP
(Internet Service Provider) adalah adanya account pelanggan
mereka yang “dicuri” dan digunakan secara tidak sah. Berbeda dengan pencurian
yang dilakukan secara fisik, “pencurian” account cukup menangkap
“userid” dan “password” saja. Hanya informasi yang dicuri. Sementara itu orang
yang kecurian tidak merasakan hilangnya “benda” yang dicuri. Pencurian baru
terasa efeknya jika informasi ini digunakan oleh yang tidak berhak. Akibat dari
pencurian ini, penggunan dibebani biaya penggunaan acocunt tersebut.
Kasus ini banyak terjadi di ISP. Namun yang pernah diangkat adalah penggunaan account
curian oleh dua Warnet di Bandung.
- Membajak situs web.
Salah satu kegiatan yang sering
dilakukan oleh cracker adalah mengubah halaman web, yang dikenal dengan
istilah deface. Pembajakan dapat dilakukan dengan mengeksploitasi lubang
keamanan. Sekitar 4 bulan yang lalu, statistik di Indonesia menunjukkan satu
situs web dibajak setiap harinya.
- Probing dan port scanning.
Salah satu langkah yang dilakukan
cracker sebelum masuk ke server yang ditargetkan adalah melakukan pengintaian.
Cara yang dilakukan adalah dengan melakukan “port scanning” atau “probing”
untuk melihat servis-servis apa saja yang tersedia di server target. Sebagai
contoh, hasil scanning dapat menunjukkan bahwa server target menjalankan
program web server Apache, mail server Sendmail, dan seterusnya. Analogi hal
ini dengan dunia nyata adalah dengan melihat-lihat apakah pintu rumah anda
terkunci, merek kunci yang digunakan, jendela mana yang terbuka, apakah pagar
terkunci (menggunakan firewall atau tidak) dan seterusnya. Yang bersangkutan
memang belum melakukan kegiatan pencurian atau penyerangan, akan tetapi
kegiatan yang dilakukan sudah mencurigakan. Apakah hal ini dapat ditolerir
(dikatakan sebagai tidak bersahabat atau unfriendly saja), ataukah sudah
dalam batas yang tidak dapat dibenarkan sehingga dapat dianggap sebagai
kejahatan?
Berbagai program yang digunakan
untuk melakukan probing atau portscanning ini dapat diperoleh
secara gratis di Internet. Salah satu program yang paling populer adalah “nmap”
(untuk sistem yang berbasis UNIX, Linux) dan “Superscan” (untuk sistem yang
berbasis Microsoft Windows). Selain mengidentifikasi port, nmap juga bahkan
dapat mengidentifikasi jenis operating system yang digunakan.
- Virus.
Seperti halnya di tempat lain, virus
komputer pun menyebar di Indonesia. Penyebaran umumnya dilakukan dengan
menggunakan email. Seringkali orang yang sistem emailnya terkena virus tidak
sadar akan hal ini. Virus ini kemudian dikirimkan ke tempat lain melalui
emailnya. Kasus virus ini sudah cukup banyak, seperti virus Mellisa, I love
you, dan SirCam. Untuk orang yang terkena virus, kemungkinan tidak banyak yang
dapat kita lakukan. Akan tetapi, bagaimana jika ada orang Indonesia yang
membuat virus (seperti kasus di Filipina)? Apakah diperbolehkan membuat virus
komputer?
- Denial of Service (DoS) dan Distributed DoS (DDos) attack.
DoS attack merupakan serangan yang bertujuan
untuk melumpuhkan target (hang, crash) sehingga dia tidak dapat memberikan
layanan. Serangan ini tidak melakukan pencurian, penyadapan ataupun pemalsuan
data. Akan tetapi dengan hilangnya layanan, maka target tidak dapat memberikan
servis sehingga ada kerugian finansial. Bagaimana status dari DoS attack
ini? Bayangkan bila seseorang dapat membuat ATM bank menjadi tidak berfungsi.
Akibatnya nasabah bank tidak dapat melakukan transaksi dan bank (serta nasabah)
dapat mengalami kerugian finansial.
DoS attack dapat ditujukan kepada server
(komputer) dan juga dapat ditargetkan kepada jaringan (menghabiskan bandwidth).
Tools untuk melakukan hal ini banyak tersebar di Internet. DDoS
attack meningkatkan serangan ini dengan melakukannya dari berberapa
(puluhan, ratusan dan bahkan ribuan) komputer secara serentak. Efek yang
dihasilkan lebih dahsyat dari DoS attack saja.
- Kejahatan yang berhubungan dengan nama domain.
Nama domain (domain name)
digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan dan merek dagang. Namun banyak
orang yang mencoba menarik keuntungan dengan mendaftarkan domain nama
perusahaan orang lain, dan kemudian berusaha menjualnya dengan harga yang lebih
mahal. Pekerjaan ini mirip dengan calo karcis. Istilah yang sering digunakan
adalah cybersquatting. Masalah lain adalah menggunakan nama domain
saingan perusahaan untuk merugikan perusahaan lain. (Kasus: mustika-ratu.com)
Kejahatan lain yang berhubungan
dengan nama domain adalah membuat “domain plesetan”, yaitu domain yang mirip
dengan nama domain orang lain. (Seperti kasus klikbca.com) Istilah yang
digunakan saat ini adalah typosquatting.
PENANGGULANGAN
CYBERCRIME
Aktivitas pokok cybercrime
adalah penyerangan terhadap content, sistem komputer dan sistem
komunikasi milik orang lain atau milik umum di dalam cyberspace. Cybercrime
dapat dilakukantanpa mengenal batas teritorial dan tidak harus berinteraksi
langsung antara pelaku dengankorban kejahatan, hal ini karena sifat internet
yang global. Oleh karena itu semua, negara harus mewaspadai perkembangan
kejahatan di dunia maya tersebut. Berikut adalah upaya-upaya yang dapat
dilakukan untuk menanggulangi merebaknya kejahatan di dunia maya, antara lain:
- Pengamanan Sistem
Langkah awal yang harus dilakukan
para pengguna teknologi internet adalah mengamankan sistem komputernya.
Keamanan sistem komputer identik dengan tindakan pencegahan terhadap
tindakan-tindakan yang tidak mendapat izin dari pemilik atau sistem komputer.
- Penanggulangan Global
Bahwa cybercrime membutuhkan
tindakan global atau internasional untuk menanggulanginya, mengingat kejahatan
tersebut sering kali bersifat transnasional.
- Perlunya Cyberlaw
Perkembangan teknologi yang sangat pesat,
membutuhkan peraturan dan pengaturan hukum terkait dengan pemanfaatan teknologi
tersebut.
- Perlunya Dukungan Lembaga Khusus
Lembaga-lembaga khusus, baik
milik pemerintah maupun lembaga non-pemerintah, sangat diperlukan sebagai
upaya penanggulangan cybercrime. Indonesia memiliki Indonesia
Computer Emergency Response Team (IDRECT) sebagai unit yang berfungsi
sebagai point of contact bagi orang untuk melaporkan masalah keamanan
komputer.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/jenis-jenis-dan-kasus-kejahatan-dalam-teknologi-informasi/
Tips dan Etika Chatting
Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah
merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting,
kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan,
pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal
bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter
kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya
marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap
muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter
meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya.
Sehubungan dengan etika dalam chatting, sudah banyak artikel di blog-blog,
situs-situs, atau media lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada
salahnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya hal tersebut, maka pada TIPS
DAN TRIK KOMPUTER kali ini akan memberikan tips tips dan etika
yang ada hubungannya dengan chatting.
Sebenarnya kita semua sudah sepakat dan
mengetahui etika chatting (walau pun tidak disebutkan secara
tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan
benar. Nah, etika chatting tersebut antara lain, di bawah ini.
· Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau
tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan
tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau
tidak pantas lainnya.
· Jangan memaksakan
kehendak, apapun alasan partner chatting
sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus
menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni
percakapan kita.
· Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali
untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner
chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau
seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan
menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita
jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti
umur, status, atau perkerjaan.
· Jangan suka mengganggu
dan iseng, walaupun partner chatting
keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting
dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan
konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya
dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.
· Jangan pernah membawa
SARA, karena hal ini sangat sensitive yang
dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat
apa-apa bagi kedua belah pihak.
· Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting
yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa
mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali,
atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau
sampai ketemu lagi.
· Jangan menuliskan
dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini
mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting
marah atau tersinggung.
· Aktifkan status
offline, hal ini dapat menjadi alternative jika
Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu”
chatter lain, dan ini sah-sah saja.
· Jangan terlalu banyak
membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda
tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda,
karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari
menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan
Anda tersebut.
· Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin
meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.
· Jika Anda salah masuk
room dengan tema yang tidak Anda sukai,
jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali
Anda sudah mendapat mandat dari chatter
lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.
Selain etika chatting yang telah
disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita
ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.
· Gunakanlah nickname yang
baik dan sopan.
· Jangan menggunakan nama
asli sebagai nickname Anda.
· Jangan pernah memberikan
alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama
sekali.
· Jika Anda menggunakan webcam,
jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
· Jika ingin memview webcam
dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik
kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
· Jika harus melakukan copy
darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal
yang tidak diinginkan.
· Jangan pernah melayani chatter
yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.
http://onoid.blogspot.com/2008/03/tips-dan-etika-chatting.html
PENGERTIAN DUNIA MAYA
Dunia ma ya atau yang sering disebut dengan media ma ya atau internet adalah salah satu media
atau dunia firtual yang sengaja dibuat untuk mempermuda h pekerjaan ma nusia atau interaksi
antara satu orang dengan orang la innya yang berada di tempat yang berbeda. Dengan tingkat
kebutuhan yang beragam sehingga internet lebih cenderung disebut dengan dunia ma ya atau cyber
world.
Adapun beberapa fungsinya yaitu :
1. Menghubungkan orang dengan computer
Contohnya : remote connections untuk pengecekan terhadap sekia n banyak servers yang
tersebar di beberapa tempat.
2. Menghubungkan komputer dengan computer
Contohnya : remote connections terhadap setiap PC yang terhubung dengan jaringan LAN
di network tertentu.
3. Menghubungkan orang dengan bank
Contohnya : internet banking.
4. Menghubungkan orang dengan orang
Contohnya : e-mail, fax through internet (internet fax).
5. Menghubungkan orang dengan insta nsi tertentu
6. Menghubungkan orang dengan professiona l bida ng tertentu.
B. PENGERTIAN ETIKA
Etika berasal dari bahasa Yunani, ethos yang berarti watak kesusilaa n atau adat. Dalam
kamus umum bahasa Indonesia, etika diartikan ilmu pengeta huan tentang aza z-a za z akhlak (mora l).
Dari pengertia n kebahasaa n ini terlihat bahwa etika berhubunga n dengan upaya menentukan
tingkah laku ma nusia.
Adapun arti etika dari segi istila h, tela h dikemukakan para ahli dengan ungkapan yang
berbeda-beda sesua i dengan sudut pandangnya. Menurut Ahmad Amin, etika adala h ilmu yang
menjelaska n arti baik dan buruk, menera ngkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia,
menyatakan tujua n yang harus dituju oleh ma nusia di dala m perbuatan mereka dan menunjukkan
jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat.
5
C. HUBUNGAN ETIKA DENGAN DUNIA MAYA
Etika di internet dikena l dengan istila h Netiq uette (Network Etiq uette) yaitu semaca m tata
krama dala m menggunakan internet. Etika, lebih erat kaitannya dengan kepribadia n masingmasing.
Jadi tidak semua pengguna internet mema tuhi aturan tersebut. Namun ada baiknya jika
kita mengetahui dan menerapkannya.
Tahun 2008 yang la lu seorang Yahudi, pengamat ma najemen bisnis berna ma Yehezkiel A.G,
membua t “The Ten Comma ndement of Computer Ethics”, sebutan untuk etika berkomputer yang
dia formulasikan. Bila melihat nama nya, mirip dengan 10 Perintah Tuhan yang diperintahkan
kepada Moses yang sampe sekarang masih ada di Perjanjia n Lama. The Ten Comma ndement of
Computer Ethics, atau terjema han lepasnya 10 Perintah Etika Berkomputer berisi:
1. Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang la in
2. Jangan mela nggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang la in
3. Jangan mema ta-matai file-file yang bukan haknya
4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri
5. Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksia n palsu
6. Jangan mend uplikasi atau menggunakan software tanpa membayar
7. Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang la in tanpa sepengeta huan yang bersangkutan
8. Jangan mencuri kekayaan intelektual orang la in
9. Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang
10. Sela lu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan computer
Dunia ma ya atau yang sering disebut dengan media ma ya atau internet adalah salah satu media
atau dunia firtual yang sengaja dibuat untuk mempermuda h pekerjaan ma nusia atau interaksi
antara satu orang dengan orang la innya yang berada di tempat yang berbeda. Dengan tingkat
kebutuhan yang beragam sehingga internet lebih cenderung disebut dengan dunia ma ya atau cyber
world.
Adapun beberapa fungsinya yaitu :
1. Menghubungkan orang dengan computer
Contohnya : remote connections untuk pengecekan terhadap sekia n banyak servers yang
tersebar di beberapa tempat.
2. Menghubungkan komputer dengan computer
Contohnya : remote connections terhadap setiap PC yang terhubung dengan jaringan LAN
di network tertentu.
3. Menghubungkan orang dengan bank
Contohnya : internet banking.
4. Menghubungkan orang dengan orang
Contohnya : e-mail, fax through internet (internet fax).
5. Menghubungkan orang dengan insta nsi tertentu
6. Menghubungkan orang dengan professiona l bida ng tertentu.
B. PENGERTIAN ETIKA
Etika berasal dari bahasa Yunani, ethos yang berarti watak kesusilaa n atau adat. Dalam
kamus umum bahasa Indonesia, etika diartikan ilmu pengeta huan tentang aza z-a za z akhlak (mora l).
Dari pengertia n kebahasaa n ini terlihat bahwa etika berhubunga n dengan upaya menentukan
tingkah laku ma nusia.
Adapun arti etika dari segi istila h, tela h dikemukakan para ahli dengan ungkapan yang
berbeda-beda sesua i dengan sudut pandangnya. Menurut Ahmad Amin, etika adala h ilmu yang
menjelaska n arti baik dan buruk, menera ngkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia,
menyatakan tujua n yang harus dituju oleh ma nusia di dala m perbuatan mereka dan menunjukkan
jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat.
5
C. HUBUNGAN ETIKA DENGAN DUNIA MAYA
Etika di internet dikena l dengan istila h Netiq uette (Network Etiq uette) yaitu semaca m tata
krama dala m menggunakan internet. Etika, lebih erat kaitannya dengan kepribadia n masingmasing.
Jadi tidak semua pengguna internet mema tuhi aturan tersebut. Namun ada baiknya jika
kita mengetahui dan menerapkannya.
Tahun 2008 yang la lu seorang Yahudi, pengamat ma najemen bisnis berna ma Yehezkiel A.G,
membua t “The Ten Comma ndement of Computer Ethics”, sebutan untuk etika berkomputer yang
dia formulasikan. Bila melihat nama nya, mirip dengan 10 Perintah Tuhan yang diperintahkan
kepada Moses yang sampe sekarang masih ada di Perjanjia n Lama. The Ten Comma ndement of
Computer Ethics, atau terjema han lepasnya 10 Perintah Etika Berkomputer berisi:
1. Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang la in
2. Jangan mela nggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang la in
3. Jangan mema ta-matai file-file yang bukan haknya
4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri
5. Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksia n palsu
6. Jangan mend uplikasi atau menggunakan software tanpa membayar
7. Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang la in tanpa sepengeta huan yang bersangkutan
8. Jangan mencuri kekayaan intelektual orang la in
9. Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang
10. Sela lu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan computer
Etika BerInternet
Pembahasan
Perkembangan Dunia Internet
==============================
Pembahasan
Perkembangan Dunia Internet
==============================
A. Perkembangan Internet
Internet merupakan kepanjangan dari Interconection Networking /
juga telah menjadi International Networking merupakan suatu jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia.
Internet pertama kali dikembangkan oleh salah satu lembaga riset di Amerika Serikat, yaitu DARPA (Defence Advanced Research Projects
Agency) pada tahun 1973. Pada saat itu DARPA membangun Interconection Networking sebagai sarana untukk menghubungkan beberapa jenis jaringan paket data seperti CS-net, BIT-net, NSF-net dll.
Tahun 1972, jaringan komputer yang pertama dihasilkan adalah ARPnet yang telah menghubungkan 40 titik dengan menggunakan FTP.
Pada perkembangannya titik yang dihubungkan semakin banyak sehingga NCP tak lagi dapat menampung, lalu ditemukan TCP dan IP.
Tahun 1984, host berkembang menjadi DNS dan tahun 1990 terdapat penambahan aplikasi diantaranya www, wais dan ghoper.
Dari segi penggunaan internet pun mengalami perkembangan mulai dari aplikasi sederhana seperti chatting hingga penggunaan VOIP.
B. Beberapa alasan mengapa internet memberikan dampak besardalam segala aspek kehidupan :
a. Informasi di Internet dapat diakses 24 jam
b. Biaya relatif murah dan bahkan gratis
c. Kemudahan akses informasi dalam melakukan transaksi
d. Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan
e. Materi dapat di up-date dengan mudah
f. Pengguna internet telah merambah ke segala penjuru dunia.
C. Karakteristik Dunia Maya (menurut Dysson, 1994) :
a. Beroperasi secara virtual/maya
b. Dunia cyber selalu berubah dengan cepat
c. Dunia maya tidak mengenal batas – batas teritorial
d. Orang – orang yang hidup dalam dunia maya dapat melaksanakan aktivitas nya tanpa menunjukan identitas
e. Informasi didalamnya bersifat publik
Pentingnya Etika di Dunia Maya
==============================
A. Alasan Pentingnya Etika di dunia maya
Perkembangan internet yang begitu pesat menuntut dibuatkannya aturan – aturan atau etika beraktifitas di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya etika dalam dunia maya :
a. Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda.
b. Pengguna internet merupakan orang yang hidup dalam anonymouse, yang mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi
c. Bermacam fasilitas di internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis / tidak etis
d. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat yang memungkinkan masuknya ‘penghuni’ baru. Untuk itu mereka perlu diberi petunjuk agar memahami budaya internet.
B. Contoh Etika berinternet
Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi menggunakan internet yang ditetapkan oleh IETF ( The internet Enginnering Task Force). IETF adalah sebuah komunitas masyarakat internasional yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet.
Berikut salah satu contoh etika yang telah ditetapkan oleh IETF :
Netiket one to one communication Adalah kondisi dimana komunikasi terjadi antar individu dalam sebuah dialog. Contoh komunikasi via email. Hal – hal yang dilarang :
a. Jangan terlalu banyak mengutip
b. Perlakukan email secara pribadi
c. Hati – hati dalam menggunakan huruf kapital
d. Jangan membicarakan orang lain
e. Jangan menggunakan CC (Carbon Copy)
f. Jangan gunakan format HTML
g. Jawablah secara masuk akal
Bisnis di bidang Teknologi Informasi
===============================
A. Alasan pentingnya etika dalam berbisnis
Beberapa alasan yang membuat bisnis perlu dilandasi oleh suatu etika :
a. Selain mempertaruhkan barang dan uang untuk tujuan keuntungan,
bisnis juga mempertaruhkan nama, harga diri bahkan nasib umat manusia yang terlibat didalamnya.
b. Bisnis adalah bagian penting dari masyarakat, sebagai hubungan antar manusia bisnis membutuhkan etika yang mampu memberi
pedoman bagi pihak yang melakukannya.
c. Bisnis adalah kegiatan yang mengutamakan rasa saling percaya. Etika dibutuhkan untuk menumbuhkan dan memperkuat rasa saling percaya.
B. Prinsip dasar etika bisnis
Sony Keraf (1991) dalam buku Etika bisnis : Membangun Citra Bisnis sebagai Profesi Luhur, mencatat beberapa hal yang menjadi prinsip dari etika bisnis, antara lain:
a. Prinsip otonomi
b. Prinsip kejujuran
c. Prinsip berbuat baik dantidak berbuat jahat
d. Prinsip keadilan
e. Prinsip hormat pada diri sendiri
C. Bisnis di bidang Teknologi Informasi
Beberapa kategori bisnis di bidang TI :
a. Bisnis di bidang industri perangkat keras
bergerak di bidang rekayasa perangkat keras, contoh IBM, Compaq, dll
b. Bisnis di bidang rekayasa perangkat lunak
dilakukan oleh perusahaan atau individu yang menguasai teknik rekayasa yaitu kegiatan engineering yang meliputi analisis, desain, spesifikasi, implementasidan validasi untuk menghasilkan produk perangkat lunak. Contoh : Microsoft, adobe dll
c. Bisnis di bidang distribusi dan penjualan barang bisnis yang bergerak di bidang pemasaran produk komputer baik oleh vendor ataupun secara pribadi.
d. Bisnis di bidang pendidikan teknologi informasi Bisa berupa lembaga – lembaga kursus komputer sampai dengan perguruan tinggi bidang komputer. Contoh : BSI
e. Bisnis di bidang pemeliharaan teknologi informasi Pemeliharaan bisa dilakukan oleh pengembang melalui divisi technical support atau spesialisasi bidang maintenance dan teknisi.
Tantangan umum bisnis di bidang TI :
a. Tantangan inovasi dan perubahan yang cepat
b. Tantangan pasar dan pemasaran di era globalisasi
c. Tantanga pergaulan internasional
d. Tantangan pengembangan sikap dan tanggung jawab pribadi
e. Tantangan pengembangan sumber daya manusia
Internet merupakan kepanjangan dari Interconection Networking /
juga telah menjadi International Networking merupakan suatu jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia.
Internet pertama kali dikembangkan oleh salah satu lembaga riset di Amerika Serikat, yaitu DARPA (Defence Advanced Research Projects
Agency) pada tahun 1973. Pada saat itu DARPA membangun Interconection Networking sebagai sarana untukk menghubungkan beberapa jenis jaringan paket data seperti CS-net, BIT-net, NSF-net dll.
Tahun 1972, jaringan komputer yang pertama dihasilkan adalah ARPnet yang telah menghubungkan 40 titik dengan menggunakan FTP.
Pada perkembangannya titik yang dihubungkan semakin banyak sehingga NCP tak lagi dapat menampung, lalu ditemukan TCP dan IP.
Tahun 1984, host berkembang menjadi DNS dan tahun 1990 terdapat penambahan aplikasi diantaranya www, wais dan ghoper.
Dari segi penggunaan internet pun mengalami perkembangan mulai dari aplikasi sederhana seperti chatting hingga penggunaan VOIP.
B. Beberapa alasan mengapa internet memberikan dampak besardalam segala aspek kehidupan :
a. Informasi di Internet dapat diakses 24 jam
b. Biaya relatif murah dan bahkan gratis
c. Kemudahan akses informasi dalam melakukan transaksi
d. Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan
e. Materi dapat di up-date dengan mudah
f. Pengguna internet telah merambah ke segala penjuru dunia.
C. Karakteristik Dunia Maya (menurut Dysson, 1994) :
a. Beroperasi secara virtual/maya
b. Dunia cyber selalu berubah dengan cepat
c. Dunia maya tidak mengenal batas – batas teritorial
d. Orang – orang yang hidup dalam dunia maya dapat melaksanakan aktivitas nya tanpa menunjukan identitas
e. Informasi didalamnya bersifat publik
Pentingnya Etika di Dunia Maya
==============================
A. Alasan Pentingnya Etika di dunia maya
Perkembangan internet yang begitu pesat menuntut dibuatkannya aturan – aturan atau etika beraktifitas di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya etika dalam dunia maya :
a. Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda.
b. Pengguna internet merupakan orang yang hidup dalam anonymouse, yang mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi
c. Bermacam fasilitas di internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis / tidak etis
d. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat yang memungkinkan masuknya ‘penghuni’ baru. Untuk itu mereka perlu diberi petunjuk agar memahami budaya internet.
B. Contoh Etika berinternet
Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi menggunakan internet yang ditetapkan oleh IETF ( The internet Enginnering Task Force). IETF adalah sebuah komunitas masyarakat internasional yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet.
Berikut salah satu contoh etika yang telah ditetapkan oleh IETF :
Netiket one to one communication Adalah kondisi dimana komunikasi terjadi antar individu dalam sebuah dialog. Contoh komunikasi via email. Hal – hal yang dilarang :
a. Jangan terlalu banyak mengutip
b. Perlakukan email secara pribadi
c. Hati – hati dalam menggunakan huruf kapital
d. Jangan membicarakan orang lain
e. Jangan menggunakan CC (Carbon Copy)
f. Jangan gunakan format HTML
g. Jawablah secara masuk akal
Bisnis di bidang Teknologi Informasi
===============================
A. Alasan pentingnya etika dalam berbisnis
Beberapa alasan yang membuat bisnis perlu dilandasi oleh suatu etika :
a. Selain mempertaruhkan barang dan uang untuk tujuan keuntungan,
bisnis juga mempertaruhkan nama, harga diri bahkan nasib umat manusia yang terlibat didalamnya.
b. Bisnis adalah bagian penting dari masyarakat, sebagai hubungan antar manusia bisnis membutuhkan etika yang mampu memberi
pedoman bagi pihak yang melakukannya.
c. Bisnis adalah kegiatan yang mengutamakan rasa saling percaya. Etika dibutuhkan untuk menumbuhkan dan memperkuat rasa saling percaya.
B. Prinsip dasar etika bisnis
Sony Keraf (1991) dalam buku Etika bisnis : Membangun Citra Bisnis sebagai Profesi Luhur, mencatat beberapa hal yang menjadi prinsip dari etika bisnis, antara lain:
a. Prinsip otonomi
b. Prinsip kejujuran
c. Prinsip berbuat baik dantidak berbuat jahat
d. Prinsip keadilan
e. Prinsip hormat pada diri sendiri
C. Bisnis di bidang Teknologi Informasi
Beberapa kategori bisnis di bidang TI :
a. Bisnis di bidang industri perangkat keras
bergerak di bidang rekayasa perangkat keras, contoh IBM, Compaq, dll
b. Bisnis di bidang rekayasa perangkat lunak
dilakukan oleh perusahaan atau individu yang menguasai teknik rekayasa yaitu kegiatan engineering yang meliputi analisis, desain, spesifikasi, implementasidan validasi untuk menghasilkan produk perangkat lunak. Contoh : Microsoft, adobe dll
c. Bisnis di bidang distribusi dan penjualan barang bisnis yang bergerak di bidang pemasaran produk komputer baik oleh vendor ataupun secara pribadi.
d. Bisnis di bidang pendidikan teknologi informasi Bisa berupa lembaga – lembaga kursus komputer sampai dengan perguruan tinggi bidang komputer. Contoh : BSI
e. Bisnis di bidang pemeliharaan teknologi informasi Pemeliharaan bisa dilakukan oleh pengembang melalui divisi technical support atau spesialisasi bidang maintenance dan teknisi.
Tantangan umum bisnis di bidang TI :
a. Tantangan inovasi dan perubahan yang cepat
b. Tantangan pasar dan pemasaran di era globalisasi
c. Tantanga pergaulan internasional
d. Tantangan pengembangan sikap dan tanggung jawab pribadi
e. Tantangan pengembangan sumber daya manusia
http://indirpan.wapsite.me/Slide%20BSI/Etika%20Profesi%20IT/12.%20Etika%20BerInternet
dapat di download menggunakan pdf :
http://www.2shared.com/document/y84MA_C2/Pengertian_Dunia_Maya.html
dapat di download menggunakan pdf :
http://www.2shared.com/document/y84MA_C2/Pengertian_Dunia_Maya.html
No comments:
Post a Comment